info@parokiarnoldus.org +6221 880 1763
WARUNG ARNOLDUS:
WADAH UMKM UMAT PAROKI BEKASI

Writed By Primus

www.parokibekasi.net

Photo by Primus


Agustus, 1 2020 PAROKIBEKASI.NET
BEKASI Ada WARUNG ARNOLDUS di Paroki Bekasi.

Ini terungkap saat kontributor www.parokibekasi.net, berbincang dengan ketua PSE Paroki Bekasi dan anggota Pleno Dewan Paroki Harian Paroki Bekasi.

Pandemi Covid-19 bagi Dewan Paroki Bekasi pada rapat di bulan April 2020 dalam rangka mewujudnyatakan program Ketahanan Pangan dan Ekonomi Keuskupan Agung Jakarta, menurut penuturan Gabriel Winarto sejatinya adalah tantangan bagi umat para pelaku usaha di Paroki Arnoldus Janssen Bekasi.

Dalam rapat itu, Dewan Paroki melihat data bahwa banyak umat tetap berjuang mencari nafkah di tengah masa-masa sulit seperti ini. Perlu dikoordinasikan, didukung dan pendampingan.

Salah satunya, sebagaimana data yang dimiliki Dewan Paroki Bekasi, banyak umat di Paroki Bekai bergiat di bidang kuliner.

Mereka memproduksi makanan dan minuman sendiri lalu menjual produk tersebut melalui media sosial secara daring atau online.

"mereka menjualnya ke kenalan atau sesama warga lingkungan," tutur Gabriel menjelaskan.

Lahir Warung Arnoldus

Dari kenyataan itu, ide pun terbetik membentuk wadah UMKM didalam rapat bulan April 2020 bersama Panitia Penggerak Tahun Keadilan Sosial (PPTKS) 2020 itu dan Dewan Paroki Harian (DPH) Paroki Bekasi untuk menyikapi surat dari Keuskupan Agung Jakarta tentang ketahanan ekonomi dan ketahanan pangan. Progam yang harus diupayakan oleh Paroki.

BACA JUGA :

Geliat UMKM umat Arnoldus

Dari rapat tersebutlah terbentuk nama wadah umkm umat Arnodus, yaitu Warung Arnoldus yang konkritnya merangkul organisasi WKRI Arnoldus.

Tidak berhenti disitu rupanya. Dewan Paroki Bekasi harian juga membentuk tim UMKM. Dengan tujuan untuk mendampingi dan mengkoordinasikan para anggota warung Arnoldus. Tim UMKM bentukan Dewan Paroki Harian tugas utamnya membantu manajemen pemasaran, atau menyambungkan ke seluruh umat Arnoldus, sebagai gerakan berbagi dengan tema Ayo Beli Produk Umat Sendiri.

"Tim UMKM tersebut juga merupakan kerja sama antara PSE, Panitia Penggerak Tahun Keadilan Sosial (PPTKS), dan Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI) Paroki Arnoldus Janssen" kata Gabriel Ketua Seksi Pengembangan Sosial Ekonomi (PSE) Paroki Arnoldus Janssen itu menambahkan.

Bagi umat Paroki Bekasi pelaku usaha, ini adalah amunisi yang harus disambut dan bersinergi. Dengan begitu, Tim UMKM ini diharapkan dapat mendorong antara umat paroki satu sama lain bisa saling membantu membeli produk makanan tersebut.

Artinya, seluruh pemangku kepentingan itu bergabung dalam Tim UMKM Arnoldus.

Layanan Digital dari Tim UMKM

Di zaman digital seperti saat ini, lanjut Gabriel, Tim UMKM diharapkan bisa memanfaatkan semaksimal mungkin layanan digital untuk memberikan kemudahan bagi umat.

Untuk pendaftaran pada program Warung Arnoldus, umat bisa mengakses alamat http://bit.ly/Form_UMKM_Arnoldus atau klik di sini

Gayung bersambut, begitu ujar Ketua Seksi PSE Paroki Bekasi itu, "sampai sekarang sudah ada 139 yang ikut berpartisipasi. 10 persennya bapak-bapak".

Cara untuk menjadi anggota Warung Arnoldus, umat mengklik alamat laman http://bit.ly/Form_UMKM_Arnoldus. Lalu mengisi dan mengirimkan kembali. Kemudian umat tersebut akan ada verifikasi oleh personal in charge (PIC) dari pihak Tim UMKM Arnoldus.

Oleh Tim UMKM dibentuk tiga orang PIC yakni di Yohanes Paulus II, Wilayah Tengah, dan Sanpera (Santo Petrus Rasul), untuk memudahkan penjaringan dan koordinasi.

Usai verifikasi, umat yang mendaftar akan ditambahkan (add) pada WA Grup Tim UMKM Arnoldus.

Pada WA Grup inilah, umat bisa saling berinteraksi memperluas jaringan pemasaran produk masing-masing.

Jika kita mengunjungi Akun Instagram Warung Arnoldus, berbagai produk makanan minuman yang saling diperjualbelikan umat antara lain risoles, kopi, minuman rempah, minuman cincau, ayam bakar, kue basah, pempek, camilan keripik, kue kering, jus kale hidroponik, tongseng, hingga menu olahan daging babi.

Untuk menjangkau ke umat,Tim UMKM menyediakan 3 alamat laman media promosi yang juga bisa diakses umat secara umum.

Laman-laman itu adalah

Instagram warungarnoldus/

Instagram IG wkri_arnoldus_bekasi/

Facebook FB wkri arnoldusjanssen/"

"Mari bergandengan tangan dan saling membantu dalam melawan wabah corona dengan mempromosikan dan membeli di UMKM-Arnoldus," pungkas Gabriel Winarto menyampaikan pesan Gerakan Ketahanan Ekonomi Dewan Paroki.