info@parokiarnoldus.org +6221 880 1763

HOMILI MISA MINGGU BIASA XXIII 6 SEPTEMBER 2020


Bacaan : Yeh. 33:7-9; Mzm. 95:1-2,6-7,8-9; Rm. 13:8-10

Injil : Matius 18:15-20


Pastur Sebastianus Ndona, SVD


www.parokibekasi.net



September, 6 2020 PAROKIBEKASI.NET
Tulisan ini adalah renungan singkat yang saya sampaikan saat homili misa Live Streaming (Minggu, 6/9/2020) .

Bacaan-bacaan singkat yang kita dengar pada Minggu ini, mengajak kita untuk saling memperhatikan satu sama lain dalam kasih. Ketika sesama kita melakukan hal yang salah, kita tidak membiarkannya; tetapi kita membiarkannya, karena menurut rasul Paulus kasih itu tidak berbuat jahat. kita menegur sesama dengan penuh kasih ketika kita melakukannya dengan cara yang menghargai dirinya. Dengan maksud membantunya menjadi lebih baik dan tidak mempermalukannya.

Mengapa ?

Karena pada gilirannya, kita juga akan mendapatkan perlakuan yang sama dengan orang lain. Untuk itu, kita juga diajak untuk menjalani hidup kita dengan baik, karena dengan cara seperti itu, kita sudah memberikan contoh atau cara hidup yang baik bagi orang lain.

Saudara-Saudari yang terkasih dalam Kristus.

Dalam Bulan Kitab Suci Nasional 2020 ini, kita kan mendalami tema tentang "Mewartakan Kabar Gembira Ditengah Krisis Iman dan Identitas". Kita semua sadar bahwa kemajuan jaman dengan segala ilmu pengetahuan dan teknologi sekarang ini, kadangkala membuat iman kita goyah. Orang merasa bahwa ilmu pengetahuan dan penelitian telah mampu menjawab banyak persoalan hidupnya. Secara perlahan-lahan, orang meninggalkan imannya, mundur dan menghilang dari kegiatan rohani. Mungkin, ia tidak menjadi orang jahat atau malah menjadi lebih baik dari orang yang rajin beribadat. Namun demikian, ia bisa kehilangan imannya, dan kehilangan Tuhan yang menjamin kehidupan kekalnya kelak.

Selama bulan ini (bulan BKSN 2020), kita diajak untuk mendalami Sabda Tuhan, karena Sabda Tuhan adalah pedoman hidup kita. Mungkin selama ini kita kurang memberikan waktu untuk membaca kitab suci, maka saatnya sekarang kita mencoba membacanya. Baik secara sendiri-sendiri maupun bersama dengan anggota keluarga. Mungkin selama ini, Kitab Suci kita letakkan dibagian dasar dari tumpukan buku-buku, maka mulai bulan ini kita mencoba meletakkannya dibagian teratas agar kita dan anak-anak atau anggota keluarga kita yang lain bisa melihat dan membacanya.

Ketika kita rajin membaca dan merenungkan sabda Tuhan, maka kita akan menemukan banyak inspirasi darinya. Di jamin kini, ada banyak sekali kata-kata dan berita yang muncul di mana-mana, terutama di media sosial. Kita pasti rajin mencarinya, membacanya dan membahasnya. Mungkinkah kita membaca Kabar Gembira pada Kitab Suci kita? Tuhan merindukan agar kita datang dan berbicara denganNya.

Semoga kita bisa memanfaatkan bulan BKSN 2020 dan, selanjutnya untuk meningkatkan iman dan identitas kita sebagai orang beriman yang mengikuti Yesus Kristus, Sang Sabda.

Selamat membaca dan merenungkan Sabda Tuhan.


RENUNGAN LAINNYA


Artikel Tim KKS Paroki Bekasi : Kitab Suci Menghidupiku.
September, 01 2020 | referensi BKSN 2020


Homili Misa Minggu XXIII, 6 September 2020
September, 06 2020 | Ajakan BKSN 2020