info@parokiarnoldus.org +6221 880 1763

RENUNGAN KAMIS, 10 SEPTEMBER 2020

MENCINTAI MUSUH ADALAH KELEBIHAN ORANG KRISTIANI

Bacaan : 1Kor.8:1b-7.11-13

Injil : Luk. 6:27-38


Pastur Ambrosius Pantola, SVD

www.parokibekasi.net


Ilustrasi Tentang Pengampunan.

September, 10 September 2020 PAROKIBEKASI.NET
"Kepada kamu yang mendengarkan Aku, Aku berkata : Kasihilah musuhmu, berbuatlah baik kepada orang membenci kamu, mintalah berkat bagi orang yang mengutuk kamu, berdoalah bagi orang yang mencaci kamu" (Luk.6-27-28).

Perintah Yesus di atas adalah perintah baru dan kita akan menjadi manusia baru bila kita melaksanakan perintah-Nya ini. Yang biasa dari dahulu sampai sekarang adalah mencintai kekasih, berbuat baik kepada kekasih, memohon berkat bagi kekasih dan berdoa bagi kekasih. Yang termasuk kekasih biasanya orang tua, saudara-saudari, sahabat kenalan, rekan-rekan sekerja atau seprofesi, teman sekolah, suka bangsa kita dari kampung, dsb. Jika kita mengasihi orang-orang dari kelompok kita dan berbuat baik kepada mereka, hal itu sudah sangat biasa dalam hidup manusia.

Namun bila kita mengasihi musuh-musuh dan berbuat baik kepada mereka, mendoakan orang yang mencaci kita. Itu baru hal yang luar biasa. Kita sungguh menjadi pahlawan kemanusiaan yang besar dan hebat, bila kita mampu mencintai musuh, berbuat baik kepada mereka dan berdoa bagi mereka. Itulah keistimewaan orang kristiani, para pengikut Tuhan Yesus, para murid Tuhan.

Baromemeter kehebatan, kepahlawanan, keistimewaan sebagai murid-murid Kristus adalah kemampuan dan kerelaan untuk menerobos benteng permusuhan antara manusia dengan membongkar sarang-sarang kebencian di antara kita. Kita tidak pernah menjadi hebat bila kita memiliki banyak musuh. Kita tidak pernah menjadi pahlawan bila kita menjadi musuh bagi banyak orang. Kita tidak pernah akan menjadi istimewa bila di lubuk hati kita yang sempit dan kerdil bersarang kebencian dan iri hati. Kita tidak pernah menjadi luar biasa bila kita hidup dalam suasana isolasi, cemburu dan curiga dengan orang-orang lain.

Karena itu, bila situasi aktual kita sekarang ini diliputi dengan kebencian dan permusuhan, dengarkanlah dan laksanakan sabda Tuhan hari ini : "Kasihilah musuhmu, berbuat baiklah kepada orang yang membenci kamu, mintalah berkat bagi orang yang mengutuk kamu, berdoalah bagi orang yang mencaci kamu". Amin...

Tuhan Yesus & Bunda Maria memberkati dan mendoakan kita. Sukses & sehat.


RENUNGAN LAINNYA


Sikap Hidup Yang Dinamis Awal Kemajuan
September, 09 2020 | Luk 6:20-26



Homili Misa Minggu XXIII
September, 06 2020 | Ajakan BKSN 2020

Artikel Tim KKS Paroki Bekasi : Kitab Suci Menghidupiku.
September, 01 2020 | referensi BKSN 2020