info@parokiarnoldus.org +6221 880 1763

RENUNGAN JUMAT, 11 SEPTEMBER 2020

PROFESIONAL DALAM BIDANG APA PUN, MEMERLUKAN

INTEGRITAS, KREDIBILITAS, KOMPETENSI, KETEKUNAN

Bacaan : 1Kor.9:16-19.22b-27

Injil : Luk. 6:39-42


Pastur Ambrosius Pantola, SVD

www.parokibekasi.net

Ilustrasi Orang Buta Memandu Orang Buta.

September, 11 2020 PAROKIBEKASI.NET
"Dapatkah orang buta menuntun orang buta? Bukankah keduanya akan jatuh ke dalam lubang?...." (Luk.6:39-40).

Dalam sabda-Nya hari ini, Tuhan Yesus menekankan perlunya bimbingan/tuntunan dari orang yang profesional dalam bidang apa pun dalam hidup bersama. Bimbingan itu datang dari orang yang melek atau orang terang dan bukan orang buta. Hanya orang yang profesional / orang yang melek matanya dapat membimbing dan menuntun orang lain, karena ia dapat melihat arah yang baik dan jalan yang benar menuju tujuan hidup, yaitu kesempurnaan.

Agar mampu memberikan bimbingan dan tuntunan, mampu menjadi orang yang profesional kita sendiri lebih dahulu mesti memiliki terang kehidupan yakni Tuhan sendiri. "Akulah terang dunia, barang siapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan...." ( Yoh.8:12)

Karena itu, agar kita memiliki terang hidup, kita perlu mengikuti Tuhan dan tinggal dalam persekutuan dengan Dia. Dengan tinggal bersama Dia, kita akan senantiasa menerima, menangkap dan memiliki cahaya kehidupan dari Dia. Karena itu marilah kita selalu menjadi murid untuk mengikuti Tuhan dan mendengarkan Dia serta menerima bimbingan dan tuntunan dari Dia. Hidup yang demikian sungguh menjadi terang Tuhan dan terang kita untuk membimbing dan menuntun orang lain di dalam kegelapan nilai dan suasana hidup bersama.

Karena itu, kiranya senantiasa kita menghayati sabda Tuhan ini : " Kamu adalah terang dunia... hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di surga" (Mat.5:14.16).

Selamat pagi untuk semua umat dan para sahabat. Tuhan Yesus & Bunda Maria memberkati dan mendoakan kita. Sukses & sehat.


RENUNGAN LAINNYA


Mencintai Musuh Adalah Kelebihan Orang Kristiani
September, 10 2020 | Luk 6:27-38

Sikap Hidup Yang Dinamis Awal Kemajuan
September, 09 2020 | Luk 6:20-26



Homili Misa Minggu XXIII
September, 06 2020 | Ajakan BKSN 2020

Artikel Tim KKS Paroki Bekasi : Kitab Suci Menghidupiku.
September, 01 2020 | referensi BKSN 2020