info@parokiarnoldus.org +6221 880 1763

RENUNGAN RABU, 16 SEPTEMBER 2020

PERINGATAN ST. CORNELIUS, PAUS & ST. SIPRIANUS USKUP DAN MARTIR

Bacaan : 1kOR. 12:31 13:13

Injil : Luk. 7:31-35


Pastur Ambrosius Pantola, SVD

www.parokibekasi.net


Icon St. Cornelius dan St. Siprianus

September, 16 2020 PAROKIBEKASI.NET
Hari ini gereja memperingati dua putra gereja yakni : St. Cornelius & St. Siprianus yang kokoh dan teguh melaksanakan tiga hal utama dalam iman kristen : " Iman, Harapan dan Kasih ".

Pada zaman Cornelius menjadi Paus, gereja berada dalam situasi yang sulit dan rumit. Gereja terus saja dirongrong baik dari luar maupun dari dalam. Pihak kekaiseran romawi terus melancarkan aksi penganiayaan yang mengakibatkan banyak orang kristen murtad dari imannya. Dalam tubuh gereja sendiri, banyak imam bersikap keras terhadap orang-orang murtad itu. Di bawah kendali Novatianus, imam-imam itu mengajar bahwa tak seorang pun yang menyangkal imannya dapat diterima kembali dalam persekutuan gereja Kristus, kendatipun mereka bertobat serta denda yang besar. Ajaran ini bertujuan untuk melindungi tata tertib gereja, namun secara tidak sadar justru bertentangan dengan prinsip ajaran Yesus : "Ia datang untuk mereka yang berdosa".

Dengan kasih yang mendalam terhadap Gereja, Paus Cornelius tidak segan-segan bertindak. Ia segera memanggil semua uskup untuk mengadakan konsili guna membahas ajaran dan sikap Novatianus cs, demi tegaknya kemurnian ajaran Yesus Kristus. Ajaran Novatianus dikutuk dan mencapnya sebagai bidaah.

Cornelius & Siprianus adalah vigur pemimpin gereja yang dalam hal-hal prinsip menjaga kesatuan gereja, dalam hal-hal yang meragukan mereka menggunakan kebebasan dan nurani. Dalam segala hal mereka menggunakan hukum kasih.

Lewat kedua pribadi putra-putra gereja ini ( cornelius & siprianus ), kita belajar untuk menempatkan kasih sebagai hukum tertinggi dalam menghadapi berbagai tantangan dan persoalan hidup sehari-hari. Kadang kala kita menghadapi situasi yang serba sulit dan rumit. Kita tidak perlu terombang ambing atau galau. Sejauh kita melakukan segala sesuatu dengan semangat kasih dan tulus, pada akhirnya kita dibenarkan karena kita memang melakukan sesuatu yang baik, benar dan mulia.

Selamat pagi untuk semua umat, para sahabat. Tuhan Yesus & Bunda Maria memberkati dan mendoakan kita. Sukses & sehat.


RENUNGAN LAINNYA


Peringatan St. SP. Maria Berduka Cita
September, 15 2020 | Luk 2:33-35

Homili Misa Minggu Biasa XXIV.
September, 13 2020 | Mat 18:21-35


Mencintai Musuh Adalah Kelebihan Orang Kristiani
September, 10 2020 | Luk 6:27-38

Sikap Hidup Yang Dinamis Awal Kemajuan
September, 09 2020 | Luk 6:20-26



Homili Misa Minggu XXIII
September, 06 2020 | Ajakan BKSN 2020

Artikel Tim KKS Paroki Bekasi : Kitab Suci Menghidupiku.
September, 01 2020 | referensi BKSN 2020